Whatsapp/SMS 085861601049

Compact Flash

Pengenalan Compact Flash

Memory card merupakan salah satu komponen penting dalam fotografi digital yang sering kali diabaikan oleh fotografer. Compact Flash berfungsi untuk menampung seleuruh hasil pekerjaan kita sebagai fotografer, karena itu penting untuk kita memahami jenis-jenis memory card pada kamera digital baik itu format, kecepatan dan fungsinya.

Mungkin salah satu topik yang jarang dibahas di dunia fotografi adalah media penyimpanan seperti SD card dan Compact Flash. Tapi saya yakin banyak yang cukup bingung memilih media penyimpanan yang optimal untuk kameranya. Hal ini antara lain disebabkan karena para produsen suka membingungkan pembeli dengan mengeluarkan versi yang bermacam-macam dan mencampurkan kata-kata berbau marketing seperti “Ultimate, Extreme, Pro, Ultra” dan sebagainya

Pada dasarnya, media penyimpanan populer terbagi atas dua: SD card (yang berukuran relatif kecil) dan Compact Flash card (CF Card). Dulu, SD card berkapasitas rendah dan pelan, sehingga kamera yang canggih biasanya mengunakan CF card.

api kini SD card cukup cepat dan berkapasitas besar sehingga kamera canggih seperti Nikon D300s pun telah memiliki slot SD card.

Adapun kelebihan Compact Flash yaitu kualitas casingnya lebih kokoh, selain itu “contact” nya tidak terbuka seperti SD card. Di lain pihak, SD card, sesuai dengan namanya (Secure Digital), Anda dapat mengunci kartu supaya tidak bisa ditulis. Caranya tinggal menggeser slider di sebelah kiri SD card ke bawah. Selain itu SD card biasanya lebih murah dari CF card.

 

Format Memory Card

Saat ini ada dua jenis format yang paling umum digunakan di kamera digital yaitu format  Secure Digital (SD) Card dan Compact Flash (CF) Card.

CF Card

Jenis CF ini merupakan jenis memory card yang lebih dulu ada sebelum jenis SD Card. Saat ini pemakaiannya hanya terbatas pada kamera-kamera pro tipe hi-end. Ada dua jenis CF Card yaitu CF Card Type I dan CF Card Type II.

CF Card Type I

Merupakan jenis CF Card yang dapat digunakan disemua kamera digital dengan slot memory card untuk tipe CF. Secara fisik card Type I memiliki ketebalan sekitar 1mm dan saat ini sudah banyak kamera yang support teknologi UDMA interface yang memungkinkan kecepatan transfer data yang lebih baik.

Untuk kapasitas CF Card menawarkan berbagai kapasitas yang beragam. Pada tahun 2014, pabrikan SanDisk merilis CF Card dengan kapasitas hingga 256Gb.

CF Card Type II

Memory card ini secara fisik lebih tebal yaitu 5mm dan sudah tidak lagi disupport oleh pabrikan kamera digital yang ada sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.